30 September 2016

Blitar kota Patria

Posted by Dian Martha Sari under: Uncategorized .

hqdefault

Blitar (Bumi Laya Ika Tantra Adi Raja) tempat bersemayamnya para raja raja negeri ini. Begitu arti dari sejarawan Blitar. Kota yang terletak disebelah selatan provinsi Jawa Timur, kota yang terletak 167 km sebelah barat Kota Surabaya dan 80 km sebelah barat Kota Malang. Blitar taka sing ditelinga khalayak karena disini sebagai tempat disemayamkannya pahlawan Proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno.

 

Kota PETA (Pembela Tanah Air) ini juga salah satu julukan untuk kota Blitar ini. Karena Laskar PETA yang dipimpin oleh Soeprijadi melakukan perlawanan terhadap Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945 yang akhirnya dapat membakar perlawanan menuju kemerdekaan di daerah lain. Maka dari itu hingga sekarang setiap pada tanggal 14 Februari kini diperingati sebagai Hari Peta dan diramaikan dengan Teater Peta.

Iki Salah Siji Panganan khas Blitar

pecel

Blitar mempunyai berbagai macam kuliner yang khas mulai dari buah, minuman, makanan ringan hingga makanan yang berat, yaitu rambutan binjai, blimbing karangsari, geti, opak gambir, ting ting, dan sambel pecelnya. Sudah tidak asing lagi bagi pecinta kuliner dengan sebutan pecel Blitar. Sambel yang terdiri dari kacang, cabai, bawang merah, bawang putih, asam dan rempah rempah seperti kencur dan daun jeruk ini memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Yang nantinya pada setiap porsi pecel itu ditambah dengan rempeyek kacang, lauk tahu tempe dan dapat yang lainnya, hingga sayur yang hanya direbus dan disiram dengan sambel pecel itu tadi. Hingga di Blitar tidak susah ditemui warug makan yang menjualnya karena setiap wisatawan yang datang ke Blitar akan berbondong bondong untuk menikmati betapa nikmatnya pecel Blitar.

http://asmaulkartika45.blogspot.co.id/2016/08/blitar-bumi-laya-ika-tantra-adiraja.html

Leave a Reply